Jumat, 04 November 2011

Apakah Feature Itu ?


Feature adalah sebuah karya jurnalistik sastra yang bertunduk kepada data dan fakta dalam suatu peristiwa yang diperoleh dari proses jurnalistik. Feature bukanlah santapan utama di dalam surat kabar. Feature adalah penunjang di dalam surat kabar. Sifatanya yang sebagai pelengkap dalam media massa dapat diabaikan oleh pembaca, pendengar atau pemirsa media massa.
Penulisan yang terdapat di dalam sebuah feature tidak patuh terhadap struktur piramida terbalik dengan rumus 5W+1H. Feature disajikan dalam sajian pengisahan yang sifatnya kreatif informal. ini yang membedakan feature dengan berita yang disajikan dalam bahasa pelaporan yang sifatnya lugas dan normal. Jadi feature adalah karangan sastra yang tunduk kepada suatu kronologi kehidupan yang bermaksud untuk menghidangkan hiburan kepada para pembaca media massa.
Karakteristik feature yang mendasar adalah feature ditulis dengan teknik mengisahkan yang membuat kata demi katanya tidak membuat tegang pembaca. Feature tidak terikat kepada waktu, jadi kapanpun feature mau diterbitkan dalam sebuah surat kabar tidak akan menjadi masalah. Nama penulis feature ditulis secara lengkap. Setiap paragraf yang satu dengan yang lainnya yang terdapat di dalam feature sama pentingnya. Sehingga tidak memungkinkan jika paragraf akhir dipotong, karena akan mengganggu isi feature tersebut. 
Feature selalu membawa pesan moral yang ingin penulis sampaikan kepada para pembaca. Seperti kejujuran, pengabdian, cinta kasih, dan perjuangan. Cerita feature cukup banyak mengadopsi jurus penulisan fiksi terutama cerita pendek. Akan tetapi di dalam sebuah tulisan feature tidak boleh mengandung cerita fiksi. Terakhir, tidak semua wartawan mampu dan tertarik untuk menulis feature. Karena feature memerlukan daya imajinasi yang tinggi sehingga dalam menyajikan kata-katanya mudah untuk dibaca. Penulis feature lebih cenderung kepada jiwa Seniman dan Satrawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar