Jumat, 30 September 2011

Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar

Pengertian Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar
  Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah Bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidah ejaan, pungtuasi, istilah, dan tata bahasa)
  
Fungsi Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar 
  Berbahasa indonesia dengan baik dan benar menurut saya berfungsi mempersatu bangsa indonesia. Karena banyaknya bahasa daerah yang ada di negara indonesia ini. Jadi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar kita lebih muda berinteraksi dengan semua suku yang ada di negara indonesia.

  Selain itu bahasa indonesia juga berfungsi sebagai ciri khas atau penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain. Berbahasa indonesia yang baik dan benar juga dapat menjadi pembawa kewibawaan berkaitan dengan sikap kebangsaan. Karena dengan berbahasa indonesia yang baik dan benar bangsa indonesia jauh terlihat lebih terpelajar.

  Negara indonesia memilik banyak sekali suku dan bahasa jadi dengan kita belajar dan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar kita lebih muda bekerja sama dengan antar suku, tidak menimbulkan salah paham, dan dapat mempermudah berinteraksi sesama warga negara indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar